SUBJECT      :           DENNY MUHAROM ARIAWAN_55409459_3IA03_PTG_21

CONTENT    :

– Karakter Pada Game Play

Untuk karakter pada game play yang saya ambil contohnya adalah karakter Mario & Luigi dalam permainan Mario Bros. Bercerita sedikit mengenai awal mula karakter Mario & Luigi pada game play.

“Sang pemain akan berperan sebagai Karakter Mario, seorang lelaki berkumis yang menggunakan pakaian baju tukang ledeng berwarna merah dengan baju dalam kecokelatan, atau pemain kedua, dengan karakter Luigi, adik Mario, seorang lelaki berkumis serupa yang menggunakan baju putih dengan seragam tukang ledeng berwarna hijau. Target dari permainan adalah dengan berjalan menuju Kerajaan Jamur, menghancurkan dan melawan prajurit Browser dan menyelamatkan Puri Toadstool .”

Untuk itu Karakter Mario & Luigi yang sering disebut-sebut dalam game ini memiliki keunikan dalam hal-hal sebagai berikut:

1. Untuk Mario dari segi tampilan memiliki costum yang sangat menarik yaitu baju rompi tukang ledeng berwarna merah dan kaos kecoklatan, serta memakai topi. Lalu memiliki kumis dan berpostur pendek gemuk.

2. Untuk Luigi dari segi tampilan memiliki costum yang tidak jauh berbeda dengan Mario tetapi baju rompi yang dikenakan berawarna hijau dan kaos putih serta memakai topi juga. Lalu memiliki kumis dan berpostur tinggi.

3. Kedua karakter ini memiliki kemampuan untuk menjadi besar apabila memakan jamur, dan bisa mengeluarkan peluru apabila memakan bunga.

4. Yang menarik dari kedua karakter ini adalah keduanya bisa melompat, mengumpulkan koin, berenang dan terbang.

Hal-hal diataslah yang membuat karakter Mario & Luigi sangat dikagumi oleh para penggemarnya. Karena sangat seru sekali pada saat memainkan karakter tersebut memenangkan pada setiap levelnya hingga bisa menyelamatkan Putri Toad Stool.

– Karakter Pada Story Game

Untuk story game yang saya ambil contohnya adalah dalam permainan Harvest Moon. Bercerita sedikit mengenai awal mula story game ini.

“Game ini mengacu kepada kehidupan pedesaan dan tugas yang diberikan kepada kita untuk mengembangkan pertanian dengan menanam tanaman, mengurus hewan dan mengatur kehidupan sosial dengan warga desa. Hal yang menjadi tantangan adalah bagaimana mereka mengatur waktu. Hanya ada sedikit waktu setiap harinya, dan pemain mempunyai energi yang terbatas. Mereka harus membagi waktu mereka untuk melakukan pekerjaan di ladang dan menjalin persahabatan dengan penduduk kota. Meskipun kebanyakan pemain utama di game ini adalah laki-laki, ada beberapa jenis harvest moon baru yang pemain utamanya bisa perempuan. Para pemain biasanya diminta untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan peternakan, seperti menanam tanaman , menambah persediaan makanan, bersahabat dengan penduduk lain, dan mencari pasangan.

Menanam Tanaman Ini adalah hal yang paling utama dalam permainan Harvest Moon. Para pemain harus mencari cara menanam, menyiram, dan memanen tanaman dengan optimal. Mencari tanaman yang paling menguntungkan, membuat petak agar bisa ditanami, dan memanen semua tanaman sebelum musim dingin datang, adalah kunci utama untuk mengumpulkan uang. Di setiap musim ada tanaman yang berbeda, kecuali pada musim dingin , dimana tanaman tidak dapat tumbuh dan pemain bisa mencari pendapatan dengan menambang, memancing, dan lainnya. Di beberapa versi, terdapat rumah kaca  yang dapat digunakan selama musim dingin untuk menjaga tanaman. Lobak, kentang,tomat, jagung,wortel, strawberri, adalah conntoh-contoh tanaman yang ada di Harvest Moon.

Hewan Peliharaan dan Hewan Ternak Di banyak seri Harvest Moon, pemain biasanya diberi hewan peliharaan anjing dan kuda. Di beberapa seri, 2 hewan tersebut bisa mengikuti pertandingan untuk memenangkan hadiah, seperti lomba pacuan kuda dan balap anjing.

Menikah Di banayk seri Harvest Moon, pemain biasanya dapat menikahi serong wanita, ini bisa dilakukan bila pemain telah merebut hati si wanita tersebut. dan biasanya untuk menikah diperlukan bulu biru sebagai tanda pertunangan. kecuali pada seri game Harvest Moon yang bejudul Harvest Moon Save The Home Land. pada seri ini pemain tidak dapat menikah.”

Untuk itu Karakter perempuan atau laki-laki yang sering digunakan dalam game ini memiliki keunikan dalam hal-hal sebagai berikut:

1. Para pemain bisa memodifikasi pemainnya dengan cara mengedit farmernya baik perempuan taupun laki-laki.

2. Bisa memiliki karakter yang banyak pada permainan ini (lebih dari satu) seperti anak, keluarga dan lain-lain.

Hal-hal diataslah yang membuat permainan ini khusunya pada karakternya sangat dikagumi oleh para penggemarnya. Karena sangat seru sekali pada saat memainkan karakter tersebut untuk menjadi farmer yang kaya raya serta keluarga dan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat🙂

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Super_Mario_Bros.

http://id.wikipedia.org/wiki/Harvest_Moon