SUBJECT      :           DENNY MUHAROM ARIAWAN_55409459_3IA03_PTG_32

 

CONTENT    :

KOMPONEN GAME ENGINE

Berikut merupakan komponen dari game engine

 

Rendering

Pada sebuah game engine terdapat engine core/tempat untuk rendering yang terdiri dari beberapa sub yaitu visibility, collision detection and respone, camera, static geometry, dynamic geometry, particle system, billboarding, meshes, skybox, lightning, fogging, dan vertex shading.

 

Console

Console adalah komponen lain yang ada pada game engine. Dengan console kita dapat mengubah setting game engine tanpa perlu melakukan restart. Console sendiri lebih sering digunakan dalam proses debugging. Apabila game engine tersebut mengalami error kita tinggal mencari errornya melalui error message.

 

Physic Game

Game engine memungkinkan untuk menentukan event yang terjadi pada obyek-obyek engine, dan mensimulasikan efek sebenarnya pada obyek-obyek tersebut sesuai karakteristik tiap obyek.

Platform Abstraction

Platform abstraction mempermudah untuk mengembangkan engine disetiap platform yang berbeda, dan beberapa game engine bisa mengembangkan engine pada platform konsole.

 

Tool/Data

Dalam game engine, dibutuhkan data yang tidak semudah menuliskan text files. . Dalam pengembangan game, paling tidak dibutuhkan beberapa tools seperti 3d model editor, level editor dan graphics programs. Bahkan jika diperlukan, seringkali kita mengembangkan game engine tersebut dengan menambahkan beberapa code dan fitur yang diperlukan.

 

Game Interface

Game interface sendiri merupakan layer diantara game engine dan game itu sendiri. Berfungsi sebagai control yang bertujuan untuk memberikan interface apabila di dalam game engine tersebut terdapat fungsi fungsi yang bersifat dinamis sehingga memudahkan untuk mengembangkan game tersebut.

 

The Game

Merupakan inti dari penggunaan game engine sendiri, sehingga user dapat mengembangkan game tersebut sesuai dengan yang diinginkan.

 

System

System adalah adalah komponen dari game engine yang berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan hardware yang berada didalam mesin. Jika game engine sudah dibuat dengan baik maka system ini adalah satu-satunya bagian yang membutuhkan perubahan cukup banyak apabila dilakukan implementasi pada platform yang berbeda. Di dalam system sendiri terdapat beberapa sub system yaitu graphics, input, sound, timer, configuration. System sendiri bertanggung jawab untuk melakukan inisialisasi, update dan mematikan sub system yang terdapat di dalamnya.

Tools/Data

Dalam pengembangan game, dibutuhkan data yang tidak semudah menuliskan text files. Dalam pengembangan game, paling tidak dibutuhkan beberapa tools seperti 3d model editor, level editor dan graphics programs. Bahkan jika diperlukan, seringkali kita mengembangkan game engine tersebut dengan menambahkan beberapa code dan fitur yang diperlukan.

 

Support

Support adalah bagian yang paling sering digunakan oleh system di dalam game engine. Support sendiri berisi rumus-rumus matematika yang biasa digunakan seperti : vector, matrix, memory manager, file loader merupakan dasar dari game engine dan hampir digunakan semua projek game engine.

 

Platform Abstraction

Platform abstraction mempermudah untuk mengembangkan engine disetiap platform yang berbeda, dan beberapa game engine bisa mengembangkan engine pada platform konsole.

 

IDE (Integrated Development Environment)

Game engine menyederhanakan dan memudahkan proses pengembangan engine, seperti koding, penambahan visual atau efek suara, memasukkan AI (Artificial Intelligence) ke dalam engine, pengembangan engine dengan networking dan lain sebagainya.

 

http://forum.gamedevid.org/index.php?topic=8991.0