SUBJECT      :           DENNY MUHAROM ARIAWAN_55409459_3IA03_PTG_43

 

CONTENT    :

 

 

RANGKUMAN PTG_11 dan PTG_12 dan PTG_13

DEFINISI dan SEJARAH GAME

 

Dalam kamus bahasa Indonesia “Game” adalah permainan. Permainan merupakan bagian dari bermain dan bermain juga bagian dari permainan keduanya saling berhubungan. Permainan adalah kegiatan yang kompleks yang didalamnya terdapat peraturan, play dan budaya. Sebuah permainan adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, disini pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan merupakan rekayasa atau buatan, dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan. Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Games sebenarnya penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Tetapi game juga bisa merugikan karena apabila kita sudah kecanduan game kita akan lupa waktu dan akan mengganggu kegiatan atau aktifitas yang sedang kita lakukan.

Board Games (Permainan Papan) Game pada katagori ini membutuhkan suatu papan yang terbagi dalam sektor-sektor tertentu (dengan garis-garis) dan didalamnya terdapat sejumlah alat main yang dapat digerakkan, yang termasuk game dalam katagori ini adalah catur. Dalam permainan ini dua pemain akan saling berhadapan dan saling mengadu strategi untuk mempertahankan daerah sendiri dan mengalahkan lawan.

Sejarah teknologi game komputer secara langsung berhubungan dengan perkembangan komputer itu sendiri. Komputer dengan kecepatan processor tinggi, grafis yang lebih mendekati realita, dan media penyimpanan yang lebih besar sebenarnya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dalam bermain games.Sebelum dimulai, akan kita pahami dulu apa arti dari game (game komputer). Game adalah sebuah permainan interactive yang membutuhkan komputer untuk bermain. Program komputer menerima input dari si pemain melalui pengendali dan menampilkan lingkungan buatan melalui TV atau layar monitor.

 

Rangkuman PTG_21 dan PTG_22

 

Karakter Pada Game Play

Untuk karakter pada game play yang saya ambil contohnya adalah karakter Mario & Luigi dalam permainan Mario Bros. Bercerita sedikit mengenai awal mula karakter Mario & Luigi pada game play.

Sang pemain akan berperan sebagai Karakter Mario, seorang lelaki berkumis yang menggunakan pakaian baju tukang ledeng berwarna merah dengan baju dalam kecokelatan, atau pemain kedua, dengan karakter Luigi, adik Mario, seorang lelaki berkumis serupa yang menggunakan baju putih dengan seragam tukang ledeng berwarna hijau. Target dari permainan adalah dengan berjalan menuju Kerajaan Jamur, menghancurkan dan melawan prajurit Browser dan menyelamatkan Puri Toadstool .

 

Karakter Pada Story Game

Untuk story game yang saya ambil contohnya adalah dalam permainan Harvest Moon. Bercerita sedikit mengenai awal mula story game ini.

“Game ini mengacu kepada kehidupan pedesaan dan tugas yang diberikan kepada kita untuk mengembangkan pertanian dengan menanam tanaman, mengurus hewan dan mengatur kehidupan sosial dengan warga desa. Hal yang menjadi tantangan adalah bagaimana mereka mengatur waktu. Hanya ada sedikit waktu setiap harinya, dan pemain mempunyai energi yang terbatas. Mereka harus membagi waktu mereka untuk melakukan pekerjaan di ladang dan menjalin persahabatan dengan penduduk kota. Meskipun kebanyakan pemain utama di game ini adalah laki-laki, ada beberapa jenis harvest moon baru yang pemain utamanya bisa perempuan. Para pemain biasanya diminta untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan peternakan, seperti menanam tanaman , menambah persediaan makanan, bersahabat dengan penduduk lain, dan mencari pasangan.

 

Programmer dan Koordinator Game yang Baik

Game teknologi merupakan suatu perkembangan didalam dunia teknologi yang dimana dapat digunakan untuk pendidikan atau permainan. Pengertian dari game teknologi adalah suatu teknologi permainan yang menggunakan konsole dalam memainkan permainan yang dimana dikendalikan menggunakan joystik untuk mengendalikan dari karakter yang dimainkan oleh player . Pada Game teknologi dari dulu mulai berkembang sampai dengan sekarang mulai dari tampilan dahulu hanya ad 2Dimensi saja sekarang tampilannya sudah 3Dimensi bahkan mendekati kemiripan asli dari sebuah objek game dahulu tampilannya mirip seperti game dari bahasa program Java, yang bisa dimainkan di handphone sekarang ini. Sekarang game grafiknya sudah bisa mendekati kemiripan dari asli obyek seperti contoh game call of duty modern warfare 2.

Tahap _Tahap  Dalam Pembuatan Game

1. Idea / Concept

2. PreProduction

a. Game Design Document

b. Technical Design Document

c. Game Project Management

3. Production

Rangkuman PTG_31 dan PTG_32

Pengertian , Sejarah dan Komponen Game Engine

 

Game Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.

Istilah “Game Engine” muncul pada pertengahan 1990-an, terutama dalam kaitannya dengan game 3D seperti orang pertama shooters (FPS). (Lihat juga: pertama-orang jujur mesin).Begitulah popularitas id Software ’s Doom dan Quakepermainan yang, daripada bekerja dari nol, lain pengembangberlisensi bagian inti dari perangkat lunak dan grafis yang dirancang mereka sendiri, karakter, senjata, dan tingkat-”permainan isi” atau “permainan aset. “ Pemisahan permainan-aturan tertentu dan data dari konsep-konsep dasar seperti tabrakan dan permainanentitas yang berarti bahwa tim bisa tumbuh dan mengkhususkan.

 

Rangkuman PTG_41 dan PTG_42

Virtual reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

 

Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi . Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampilan stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.

Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata . Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.

Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telefon genggam.

Augmented Reality adalah sebuah teknologi penggabungan benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antar benda 3D. Sederhananya, Augmented Reality adalah teknologi yang memunculkan benda maya pada lingkungan nyata.