SUBJECT      :           DENNY MUHAROM ARIAWAN_55409459_3IA03_PTG_12

CONTENT    :

Catur Game Murni atau Tidak

Board Games (Permainan Papan) Game pada katagori ini membutuhkan suatu papan yang terbagi dalam sektor-sektor tertentu (dengan garis-garis) dan didalamnya terdapat sejumlah alat main yang dapat digerakkan, yang termasuk game dalam katagori ini adalah catur. Dalam permainan ini dua pemain akan saling berhadapan dan saling mengadu strategi untuk mempertahankan daerah sendiri dan mengalahkan lawan.Image

Papan catur ialah jenis papan permainan yang digunakan dalam permainan catur, dan terdiri atas 64 kotak persegi (8 baris dan 8 kolum) yang disusun dalam 2 warna berselang-seling (hitam dan putih). Struktur papan catur ini mirip dengan yang digunakan pada permainan dam, meskipun biasanya berwarna merah dan hitam. Dalam komentar modern, kolomnya dilabeli huruf a sampai h dari kanan ke kiri dari sudut pandang pemain putih, dan barisnya dengan bilangan 1 sampai 8, di mana 1 lebih dekat ke pemain putih, sehingga menciptakan notasi standar bernama notasi catur aljabar.Papan ini selalu ditempatkan sedemikian rupa sehingga kotak paling kanan di baris paling dekat ke tiap pemain adalah kotak “putih”.

 

 

Catur adalah permainan yang menggunaikan papan, catur bisa sebagai rekreasi dan berdaya saing dan dimainkan di antara dua pemain. Bentuk permainan terakhir timbul di Eropa saat separuh abad kedua pada abad yang ke-15 setelah catur berubah dari permainan asal lamanya di India yang sama. Sekarang, permainan catur merupakan permainan yang paling populer di dunia, dimainkan oleh jutaan manusia di seluruh dunia baik bersantai di rumah, di klub-klub catur, online, dan di dalam pertandingan.

Catur dimainkan pada papan berukuran 8×8 petak, memberikannya 64 petak yang berselang-seling warna, terang dan gelap (putih dan hitam), dengan setiap pemain memiliki petak terang pada dekat-delapan sudut saat menghadapi pada papan. Setiap pemain memulai permainan dengan 16 bergerak catur dengan cara yang dapat diperbarui (dan dalam hal tertentu, jangkauan terbatas) dan dapat menghapusdan atau bisa mengeluarkan buah catur dari papan: setiap buah pemain terdiri dari delapan bidak, dua satria, dua gajah, dua tir, satu menteri dan satu raja. Semua buah dapat mengeluarkan buah lawan dengan mendarat di ruang yang mereka duduki.

Satu pemain mengontrol buah kepingan putih dan pemain lain mengontrol kepingan hitam; pemain yang mengontrol putih biasanya pemain pertama untuk bergerak. Dalam catur, ketika pemain raja adalah secara terus diancam dengan tangkapan oleh satu atau lebih dari kepingan lawan, pemain ini dikatakan ke dalam check atau skakmat. Pada saat skakmat, hanya gerakan yang bisa menghindari skakmat, sekakmat blok, atau atau mengambil dari grup buah diperbolehkan. Tujuan permainan ini adalah untuk skak mat lawan, ini terjadi ketika raja lawan yang di cek, dan gerakan tidak dapat dibuat yang akan mencegahnya.

Catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.

Sang legendaris Bobby Fischer juara dunia 1972-1975 memainkan catur dengan keindahan, harmoni, dan seni. Dalam benak seorang yang kreatif, papan catur bagaikan sebuah kanvas dimana biji-biji catur adalah alat untuk berekspresi. 

Catur adalah seni karena relasi antara biji-biji catur dapat menghasilkan harmoni seumpama simfoni atau lukisan yang indah.  Catur adalah olahraga karena unsur kompetisi bukan hanya mental namun fisik, emosi, sekaligus psikologi. Catur adalah ilmu karena dapat dipelajari dan dibuat teori, dan dalil-dalilnya dapat dibuktikan. Sebuah masterpiece partai catur yang indah, dengan logika dari awal hingga akhir, adalah karya seni di mata penggemar catur. Ada kepuasan intelektual di saat kita memainkan sebuah partai masterpiece.   

Vassily Smyslov, Juara Dunia Catur ke-7 dalam sejarah, seorang individu multi dimensi. Kecintaan Smyslov yang lain selain catur adalah musik dan beliau adalah seorang penyanyi opera disegani di masa mudanya. Beliau menemukan banyak hubungan antara catur dan musik. Bahkan Smyslov menggambarkan relasi dan komunikasi antara biji-biji catur sebagai harmoni. Beliau menemukan bahwa hubungan antara biji-biji catur menjadi sebuah harmoni adalah logika murni.

Ada beberapa bentuk permainan catur, seperti juga dalam permainan basket. Permainan satu lawan satu antar teman dimana hasil tidak menjadi masalah, tidaklah dapat dikategorikan kompetisi serius. Untuk dapat dikategorikan olahraga, diperlukan unsur kompetisi. Ditemukan juga fakta bahwa seseorang membakar sejumlah kalori pada saat memainkan sebuah partai yang serius, sama banyaknya dengan saat memainkan olahraga fisik lain seperti basket, sepakbola. Ada sesuatu yang terjadi di otak, proses metabolisme yang menyebabkan tubuh membakar kalori. Kata lain dari kalori adalah energi. Banyak energi yang dikeluarkan ketika seseorang bermain partai catur yang serius. Ini membuktikan bahwa catur juga mengandung unsur fisik, berarti mencakup unsur olahraga.
            Apa ketrampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan biji catur ? Ketrampilan yang baik dalam menembak bola dalam permainan basket, serupa dengan ketrampilan yang dibutuhkan oleh seorang pecatur untuk memainkan partai yang baik (memainkan langkah yang baik). Ketrampilan yang sesungguhnya dapat dan perlu dipelajari, oleh sebab itu catur sering digambarkan sebagai permainan yang mudah untuk dipelajari, tapi sulit untuk dikuasai dengan sempurna (it’s easy to learn, but difficult to master).  Catur juga permainan dengan prinsip-prinsip yang dapat dirumuskan seperti : bagaimana strategi di posisi tertentu dan sebagainya. Kebenaran yang murni dapat dibuktikan. Oleh sebab itu, catur juga adalah ilmu.

Sumber            :

http://id.wikipedia.org/wiki/Papan_catur\

http://www.andriewongso.com/artikel/viewarticleprint.php?idartikel=918