SUBJECT      :           DENNY MUHAROM ARIAWAN_55409459_3IA03_DPG32

 

CONTENT    :

TUGAS PERTAMA TENTANG PEMBUATAN OBJECT ETOYS 

Pembuatan object dan flowchart sederhana menggunakan etoys

Etoys adalah sebuah software yang digunakan oleh anak usia 3-4 tahun, bahasa pemrograman yang di gunakan berorientasi objek berbasis prototipe digunakan untuk pendidikan .Etoy adalah sebuah program ramah lingkungan yang dirancang untuk  anak-anak. etoy ini merupakan sebuah bahasa pemrograman prototype yang berorienatsi objek dan banyak digunakan didalam bidang  pendidikan.  Etoy merupakan sebuah model objek scripted untuk objek yang berbeda yang berjalan pada platform yang berbeda dan juga bersifat opensource  .Etoys adalah script model objek untuk objek yang berbeda yang bias berjalan pada platform yang berbeda dan open source . Etoys adalah aplikasi grafis 2D. Squeak awalnya dikembangkan di Apple pada tahun 1996 oleh Dan Ingalls.Squeak adalah implementasi Smalltalk, berorientasi objek, berbasis kelas, dan reflektif, yang berasal dari Smalltalk-80 di Apple Computer. Ini dikembangkan oleh beberapa pengembang Smalltalk-80 asli, termasuk Dan Ingalls, Ted Kaehler, dan Alan Kay. Tim juga termasuk Scott Wallace dan John Maloney.

Saya akan membahas tentang Etoys. Etoys ? Apa sih Etoys ? Maenan jenis apa tuh ? Yap, pertama kali denger kata Etoys, muncul pandangan sebuah games yang menarik, tapi pertama kali saya liat tampilan etoys, yaitu :

Pada awalnya sih bingung, ini maena apaan ? Gimana cara maennya, dan gimana newgame nya… hahhahaha,, coba cari-cari tutorial di google ga nemu, dan ternyata di Youtube.com banyak. Dan pada kali ini saya akan sedikit membahas bagaimana cara untuk membuat flowchart sederhana dengan menggunakan Etoys.

Flowchart, sebenarnya apa sih flowchart ? Flowchart yaitu sebuah diagram alur yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah prosedur ke dalam bentuk-bentuk yang sesuai dengan prosedur yang didefinisikan. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan membuat penjelasan singkat bagaimana membuat flowchart sederhana tentang prosedur penyetoran dan pengambilan uang di sebuah bank. Ok, langsung saja …

Hal pertama yang harus kita lakukan setelah masuk ke aplikasi Etoys, pilih Make a Project, dan akan masuk ke tampilan berikut :

Pilih icon kuas dan alas cat di bagian atas, sehingga keluar menu sebagai berikut :

Buatlah sebuah objek yang mendefinisikan objek tersebut merupakan orang yang akan menyetorkan uang. Klik kanan pada objek tersebut, dan pilih icon mata sehingga keluar menu sebagai berikut :

Lalu pada bagian kanan atas terdapat tanda panah yang menghadap ke bawah, klik pada bagian anak panah tersebut, lalu tambahkan 3 variable pada objek di atas. Dan ubah nilainya menjadi 0(nol),
 

Klik pada bagian tanda panah ke kiri pada variable setoran dan drag ke workspace. Sehingga terlihat sebagai berikut :

Lalu klik pada icon kertas pada sebelah kiri variable setoran, lalu pilih detailed watcher, lalu lakukan hal yang sama dengan variable setoran dan drag ke tepat di sebelah kanan variable saldotabungan yang ada di workspace.
Lalu ubah action yang semula berupa tanda panah, menjadi increase by. Hal tersebut berarti kita memberikan action terhadap variable saldotabungan yang nilainya akan bertambah jika variable setoran bertambah.
Lalu lakukan langkah sebelumnya, tetapi lakukan dengan varibale saldotabungan dan pengambilan. Sehingga tampilannya akan menjadi sebagai berikut :

Tetapi ubah action menjadi decrease by, itu berarti kita memberikan action terhadap variable saldotabungan yang nilainya akan berkurang jika variable pengambilan bertambah.
Maka tampilannya akan menjadi sebagai berikut :

Lakukan langkah yang sama, dengan variable saldotabungan, tetapi tidak dijejerkan dengan variable lain.
Lalu tambahkan 3 variable ke dalam workspace, sehingga berbentuk sebagai berikut :

Langkah terakhir yaitu lakukanlah test dari flowchart di atas dengan skenario sebagai berikut :
  1. Saldo tabungan awal mempunyai nilai 100.
  2. Ubah nilai awal dari setoran menjadi 100. Hal ini mendefinisikan prosedur dari penyetoran uang.
  3. Ubah nilai awal dari pengambilan mejadi 50. hal ini mendefinisikan prosedur dari pengambilan uang di bank
  4. Maka hasil akhir dari saldo tabungan akan sesuai dengan prosedur yang dilakukukan.
Untuk mencoba action yang diberikan, klik icon tanda seru (!) pada bagian action yang ingin di eksekusi.
Maka hasil akhirnya akan menjadi sebagai berikut :

Sekian penjelasan saya mengenai cara-cara untuk membuat flowcharth sederhana dengan menggunakan Etoys, semoga bermanfaat.