SUBJECT      :           DENNY MUHAROM ARIAWAN_55409459_3IA03_DPG31

 

CONTENT    :

TUGAS PERTAMA TENTANG PERMODELAN DESAIN BLENDER

 

TUTORIAL PEMBUATAN MODEL DENGAN BLENDER

Semua pengunjung yang tertarik di dunia 3D modelling dan animasi. Blender  adalah software gratis yang bisa anda gunakan untuk modeling, texuring, lighting, animasi dan video post processing 3 dimensi.

Blender merupakan software gratis dan open source ini merupakan open source 3D paling populer di dunia. Fitur Blender  tidak kalah dengan software 3D berharga mahal seperti 3D studio max, maya maupun XSI.

Dengan Blender anda bisa membuat objek 3D animasi, media 3D interaktif, model dan bentuk 3D profesional, membuat objek game dan masih banyak lagi kreasi 3D lainnya.

Fitur – fitur utama yang ada di dalam Blender sebagai berikut :

1. interface yang user friendly dan tertata rapi.

2. tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.

3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.

4. Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.

5. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas

6. File Berukuran kecil

7. dan tentu saja gratis

Pada bahasan ini kita akan mencoba bermain dengan aplikasi Blender. Untuk awalnya kita akan belajar cara sederhana membuat sebuah objek 3d dengan menggunakan Blender. Objek yang akan kita buat kali ini adalah berupa buah-buahan yaitu durian. Sekarang kita mulai langkahnya..

Sebenarnya,dalam membuat objek 3d diperlukan daya khayal dan kreativitas dari si pembuat tersebut. Maka dalam proses membuat sebuah objek tak ada salahnya jika kita ingin mencari cara paling mudah dan singkat dalam membuatnya. Demikian juga dalam pembuatan objek durian ini kita akan mencoba membuatnya dengan cara yang cukup sedehana namun tetap mendapatkan objek durian . Latihan ini cocok pula untuk dipelajari oleh pemula. Pertama-tama kita buka program Blender sehingga muncul tampilan seperti berikut lembar kerja pada blender:

Tampilan di atas adalah UI (user interface = antarmuka) program Blender dengan sebuah objek Box di tengah. Biasanya pada aplikasi ini akan terjadi perbedaan tampilan yang dikarenakan perbedaan skema warna . Perlu diingat dalam pengaplikasian blender untuk melakukan berbagai aksi kita ditunjang oleh shortcut pada keyboard yang nantinya kita sering pergunakan dalam berinterkasi dengan blender..

Langkah awal ….
Kemudian tekan X (del) dan klik erase untuk menghapus objek box yang ada di tengah.

Sebelum melangkah ke tahap selanjutnya atur pandangan anda pada posisi Top (atas), jika belum, tekan tombol Num7 untuk kembali ke Top view kemudian tekan space dan pilih Add > Mesh > UVsphere dan pilih segments 10 dan rings 10. Jika sesuai akan muncul objek berbentuk bola dengan jumlah lintang dan bujur masing-masing 10.

Dalam kondisi terblok semua tekan W lalu piih Subdivide Multi Fractal, number of cuts 2, Random Factor sekitar 10 – 15. Sekarang tiap garis (edges) yang ada telah terbagi jadi 3 secara acak. Pilih 5 dari garis bujur yang ada sehingga bola terbagi 5 dengan besar sama , untuk mempermudah tahan Alt dan tekan pula tombol mouse kanan sehingga terpilih satu garis bujur lalu sambil menekan shift pilih lagi garis yang lain (sambil tetap menekan Alt juga). Jika anda melakukan kesalahan yang tidak disengaja bisa diulangi dengan menekan U (undo) atau A untuk batal memilih / deselect.

Aplikasi Blender menggunakan tombol mouse kanan untuk melakukan seleksi, untuk merubah menjadi tombol kiri caranya adalah dengan menggeser jendela User Preferences (yang ada di atas) ke bawah lalu klik pada tab View & Control hingga muncul berbagai opsi. Di bagian Select With: pilih Left Button.

Karena durian yang saya bayangkan terdiri atas 5 bagian kita akan memodifikasi bentuk sedikit. Tekan O untuk mengaktifkan proportional editing dan tekan S dan geser mouse ke dalam tapi jangan klik mouse. Putar scroll wheel mouse sewaktu merubah ukuran sehingga lingkaran di tengah mengecil 1/5 ukuran bola, ini untuk merubah faktor proportional ukuran terhadap vertex lainnya. Sekarang geser mouse sehingga ukuran dengan skala 0,8 dan klik. Sekarang bentuk objek sudah lebih proporsional.

Tekan A untuk deselect, lalu tekan lagi untuk memlih semua (select all). Ini trik “ajaibnya”. Sekarang tekan E untuk extrude keluar dan pilih only vertice dan tekan Esc. Akan terlihat banyak vertice yang terpilih di sekitar objek. Tekan O untuk mematikan proportional editing. Tekan S dan perbesar vertice tadi dengan skala 1,3. Sekarang terlihat banyak duri-duri tipis yang mencuat.

Kembali ke objek mode (Tab). Lihat pada Buttons Window lalu pilih Add modifier > Subsurf. Nah, sekarang garis tipis tersebut terlihat seperti duri betulan kan? Kalau bentuknya msih kasar, itu disebabkan level subsurf adalah 1, ini tidak jadi masalah karena render level subsurf secara default adalah 2, yang berarti lebih halus saat dirender. Untuk merender kita lakukan dengan menekan F12.


Tips: Merender sebuah scene dalam blender tergantung view pada viewport camera. Ini berarti pandangan akan ditentukan oleh posisi dan arah kamera. Untuk melhat pada viewport camera tekan tombol Num0 (nol).
Ubah bentuk objek yang masih seperti bola dengan menekan S lalu Z, ini akan merubah ukuran objek secara vertikal, ubah dengan skala 1,1. Kembali ke Edit mode (Tab) terlihat vertice yang masih dalam keadaan terpilih. Tekan S lalu Z dan ubah dengan skala 0,7.

Nah, sekarang objek durian anda telah selesai, setelah kita lakukan penyesuaian pada material maka akan didapatkan hasil yang seperti ini :

sumber :

http://jamaludin270790.blogspot.com/2011/04/download-blender-3d-software-3d.html