Social Networking Sites (SNS) atau Situs Jaringan Sosial sudah tidak asing lagi ditelinga para pengguna internet. Saat ini telah menjamur beragam situs jaringan Sosial, mulai dari Friendster, facebook, hi5, myspace, dan lain sebagainya. Hamper seluruh pengguna internet mengakses situs-situs jaringan sosial tersebut dan menjadi member dalam situs tersebut. Memang banyak sekali fasilitas dan manfaat yang dirasakan dengan bergabung dalam situs jaringan sosial, antara lain dapat terhubung dengan teman-teman di manapun keberadaannya. Bahkan hingga orang yang belum pernah kita temui sekalipun dapat menjadi teman kita dalam dunia maya internet.

Hingga saat ini pengguna situs jaringan sosial terus saja bertambah. Dari situ-situs jaringan sosial yang ada facebook telah merajai dan menghimpun anggota hingga ratusan ribu pengguna. Hal ini dikarenakan fasilitas yang facebook memberikan fasilitas dan fitur-fitur yang lebih menarik dari situs-situs semacam lainnya. Namun hati-hati dalam menggunakannya, mungkin saja facebook dan situs-situs jaringan sosial lainnya dapat menyebarkan viru ke computer anda.

Dari 5000 teman yang anda miliki di facebook , mungkin salah satu diantaranya bukan benar-benar teman anda. Dalam artian, salah satu dari 5000 teman anda tersebut adalah seseorang yang ingin merusak computer anda dengan virus baru yang dijuluki “Koobface”. Saat ini keberadaan virus Koobface itu telah beredar di MySpace dan sedang bekerja menginfeksi komputer lewat Facebook. Virus Koobface menggunakan fitur pesan pribadi yang ada di Facebook. Melalui sistem pesan pribadi yang ada di facebook, virus ini menginfeksi komputer melaui share video yang melalui pesan.

Di dalam pesan yang diterima oleh pengguna Facebook, terdapat link video yang dikirim oleh teman yang terinfeksi. Dengan pesan “You look just awesome in this new movie,” virus ini mencoba mengelabui anda agar anda membuka link video tersebut. Dengan anda meng-klik link tersebut, anda akan dihubungkan ke situs dimana anda diminta untuk mengunduh Flash update, yang merupakan dokumen virus tersebut. Sekali virus tersebut ter-install di komputer anda maka virus ini akan mencoba meraih data-data yang sensitive dari komputer anda seperti nomor kartu kredit anda. Dengan cara yang digunakan sebenarnya ini adalah virus lama dimana virus ini beroperasi melalui pesan ke banyak orang dan menginfeksi pengguna internet melalui daftar email. Akan tetapi, dengan menggunakan situs jaringan sosial merupakan sebuat taktik yang cukup efektif. Apalagi dengan menggunakan pesan pribadi yang sepertinya lebih dapat dipercaya ketimbang email biasa. Facebook dengan hamper lebih dari 120 juta pengguna target potensial untuk dapat menyebarluaskan virus ini. Bukan hanya potensial, namun juga menjadi mainstream karena penggunanya yang berinternet dengan santai dan kurang waspada yang dapat memudahkan virus berkembang dengan cepat.

Blog yang mengawasi virus ini untuk laboratory McAfee melaporkan bahwa Facebook telah sadar akan serangan Koobface dan telah siap untuk bekerja menghilangkan sistemnya. Akan tetapi, dengan lusinan varian Koobface yang ada, McAfee memperingatkan bahwa situasinya bisa bertambah parah sebelum situasinya bisa membaik. Sementara itu, cara terbaik untuk menghindari Koobface adalah dengan mencoba mengikuti aturan berinternet yang aman dengan sebenar-benarnya. Salah satunya adalah dengan tidak pernah membuka lampiran di email yang tidak diharapkan, video atau link lainnya, walaupun dari seseorang yang dikenal sekalipun.

Namun jika komputer anda telah terinfeksi dengan virus Koobface, maka keamanan Facebook menyarankan untuk memasang ulang kata sandi dan terus memperbaharui piranti lunak anti virus untuk meminimalisir kerusakan pada sistem anda. Jadi, mulain sekarang berhati-hatilah dlam berinternet. Jangan sampai kesenangan anda menjelajahi facebook dengan teman-teman dan jaringan sosial anda hilang karena suatu virus.